Custom Search

Pages

Thursday, April 26, 2012

Delima, Cara Mudah Kirim Uang

Diposkan oleh La Ode Amir Jaya
Delima adalah singkatan dari Delivery Monet Access yang dapat diartikan sebagai akses/jaringan pengiriman uang. Delima ini disebut juga Delima Remittance adalah salah satu produk dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) untuk melayani pengiriman, penerimaan bahkan pembayaran beberapa tagihan. Bagi masyarakat yang ingin mengirim uang, cukup mendatangi Plasa Telkom atau Cashpoint (agen Delima), bahkan bagi yang sudah memiliki akun Delima, dapat melakukan pengiriman dan penerimaan uang via handphone atau website, pengiriman uang melalui juga memiliki fitur tambahan yakni transaksi M-Commerce.

Beberapa keunggulan dari Delima Remittance adalah:
  1. Cepat. Masudnya hanya butuh beberapa detik, uang yang dikirim bisa langsung diterima oleh penerima kiriman. Saat uang dikirim berhasil, baik penerima maupun pengirim akan mendapatkan SMS secara otomatis dari Delima yang berisi kode transfer. Setelah uang diterima, pengirim juga akan mendapatkan SMS dari Delima bahwa kirimannya sudah diterima.
  2. Handal. Dengan teknologi yang dimiliki oleh Telkom, dapat membuat delima menjadi pilihan yang dapat diandalkan.
  3. Terpercaya. Karena Delima adalah produk Telkom, maka tidak ada keraguan untuk menggunakan Delima Remittance ini sebab Telkom adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membuat uang yang kirim sangat aman dan pasti sampai pada penerima.
  4. Jangkauan layanan luas. Jangkauan layanan tentu saja terdapat seluruh Indonesia di semua Plaza Telkom (731 Plaza Telkom) ditambah dengan beberapa Cashpoint (25.000 cashpoint). Selain itu, beberapa agen pembayaran Online juga melayani pengiriman dan penerimaan uang melalui Delima Remmitance ini.
Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengiriman uang melalui delima, silahkan hubungi Plaza Telkom terdekat (Kantor Cabang Telkom) atau Cashpoint (agen) yang terdapat logo Delima berikut:


Lalu bagaimana Jika Jauh dengan Plaza Telkom?
Bagi yang lokasinya jauh dari Plaza Telkom, dapat menggunakan akun delima. Akun delima dapat dimiliki oleh siapa saja yang telah memiliki Kartu Identitas. Pendaftaranya cukup melalui www.telkomdelima.com atau em.telkomdelima.com. Tipe akun delima ada beberapa tipe di antaranya sebagai berikut:
  1. Akun Gold. Fitur utama tipe ini adalah tambah uang ke akun delima, berbelanja di Toko yang bekerja sama dengan Delima, Pembayaran Tagihan seperti Telepon Telkom, Telkomvision, Isi pulsa, transaksi via HP. Maksimum saldo/transaksi untuk tipe akun  ini adalah Rp 1.000.000,-
  2. Akun Platinum. Fitur utama tipe ini adalah semua tipe akun Gold ditambah dengan Kirim/terima uang dan Cashout. Maksimum saldo/transaksi yang dapat dilakukan adalah Rp 5.000.000,-
  3. Akun Merchant. Semua fitur akun Gold dan Platinum dimiliki oleh tipe akun ini ditambah dengan fitur berjualan berbasis online.
Untuk mendaftar akun delima, kunjungi https://em.telkomdelima.com/jets-delima/HomeRegister.action Tampilan halamannya sebagai berikut:


Silahkan pilih tipe akun. Untuk tipe akun Gold dan Platinum dapat digunakan oleh siapa saja, namun untuk akun Merchant harus memiliki SIUP/NPWP. Silahkan pilih tipe akun yang anda sukai, lalu ikuti langkah-langkah berikutnya. Dalam beberapa saat, akun anda akan segera aktif. Namun perlu dicatat bahwa jiika anda mendaftar tipe akun Platinum dan Merchant, setelah pendaftaran berhasil, anda harus ke Plaza Telkom terdekat dengan membawa Fotokopi kartu identitas untuk verifikasi akun anda.

Tarif Pengiriman
Semua kiriman uang melalui Delima Remittance akan dikenakan biaya, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Peer to Peer, yakni pengiriman uang antara pengguna akun delima termasuk tCash Telkomsel akan dikenakan biaya Rp 2.200 termasuk PPn
  2. Peer to Agen, yakni pengiriman uang oleh pengguna akun Delima ke bukan pengguna akun Delima, akan dikenakan biaya Rp 5.500 termasuk PPn. Sebagai contoh seorang pengguna/pemilik akun Delima ingin mengirimkan uang kepada Saudara/kerabat di suatu tempat, saudara/kerabat tersebut dapat mengambil kiriman tersebut di Plaza Telkom atau Cashpoint terdekat.
  3. Agen to Agen, yakni pengiriman uang yang dilakukan oleh siapa saja yang tidak memiliki akun Delima dan penerimanya tidak memiliki akun Delima juga. Biaya yang dikenakan adalah Rp 12.500 untuk kiriman  Rp 1 s/d Rp 500.000, Rp 15.000 untuk kiriman Rp 500.001 s.d Rp 2.000.000 dan Rp 20.000 untuk kiriman Rp 2.000.001 s/d Rp 5.000.000,-
  4. Agen to Peer. Untuk tipe ini sama dengan mengisi saldo ke akun yang disebut Top Up Elmo (Top Up Electronic Money). Seseorang yang bukan pemilik akun Delima dapat melakukan Top Up sahabar/keluarga yang memiliki akun Delima di Plaza Telkom/Cashpoint.
Cara Penerimaan Kiriman
Apabila seseorang mengirimkan uang, maka baik di penerima maupun di pengirim akan mendapatkan SMS dari Delima. SMS yang terkirim ke penerima kiriman berisi kode Transfer. Si Pengirim uang harus memberitahukan nama pengirim kepada penerima. Setelah itu penerima (bukan pemilik akun Delima) mendatangi Plaza Telkom/Cashpoint terdekat dengan membawa tanda pengenal, nama pengirim, kode transfer dan besarnya dana yang akan diterima.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi Plaza Telkom/Cabang Telkom terdekat, Call Center Plaza Telkom 147 atau www.telkomdelima.com.

G+