Custom Search

Pages

Monday, May 21, 2012

Cara Memasukkan Artikel Ke Blogger

Diposkan oleh La Ode Amir Jaya
Pada Artikel sebelumnya, penulis telah membahas mengenai Panel dan Toolbar paa editor blogger. Editor blogger seperti pada gambar berikut:



Tampilan editor di atas adalah dalam mode Compose (harap baca artikel sebelumnya). Jika tampilannya seperti gambar di atas, kita tinggal mengetik apa saja yang akan kita masukkan ke blog kita.


Tampak pada gambar di atas dalam editor telah dimasukkan artikel. Sebenarnya kita sudah dapat menerbitkan artkel tersebut, tetapi kita sebaiknya melakukan setelan pada entri/artikel yang kita akan terbitkan. Lihat pada panel bagian kanan atau perhatikan gambar berikut:


Keterangan:
  • Label, yaitu semacam simbol atau kategori pada suatu entri, misalnya pada tutorial ini, penulis memberi label "Sains dan Teknologi", seperti tampak gambar berikut:

    Kita dapat memberi label pada suatu entri lebih dari 1 label yang dipisahkan dengan koma, jika telah selesai memberi label klik Selesai.
  • Jadwal, yakni waktu penerbitan. Anda dapat menyetel tanggal penerbitan artikel/entri yang anda masukkan, namun pada umumnya disetel otomatis dimana tanggal penerbitan sesuai dengan tanggal saat artikel diterbitkan. Perhatikan gambar berikut ini:

    Klik selesai jika telah disetel.
  • Lokasi, biarkan default saja jika tidak dipahami
  • Dekripsi penelusuran, yaitu gambaran artikel yang anda akan publikasikan. Gambaran itu akan mudah dibaca oleh mesin pencari, sehingga pengunjung dapat dengan cepat menemkan artikel Anda.



    Jika kita memasukkan kata "Yang Lebih Cepat dari Cahaya", maka pengunjung yang mengetik kecepatan cahaya pada mesin pencari maka artikel anda dapat cepat ditampilkan bahkan mungkin berada pada urutan teratas. Perhatikan tampilan mesin mencari berikut ini:

    Tampak pada gambar di atas artikel yang dimasukkan penulis berada pada urutan kelima. Anda dapat memberi deskripsi penelusuran dengan 1 kata saja, frase atau beberapa kata yang memungkinkan artikel Anda cepat terindeks oleh mesin pencari. Jangan lupa klik selesai jika telah memasukkan deskripsi penelusuran.
  • Pilihan. Jika kita mengeklik pada panel ini, maka akan muncul seperti gambar berikut:


    Mode tulis, ada 2 bagian yaitu:
    • Tunjukkan HTML apa adanya, maksudnya kode HTML yang dimasukkan tidak akan diubah/ditafsirkan
    • Tafsirkan HTML yakni diketik, maksudnya kode HTML yang dimasukkan akan diubah/ditafsirkan dalam bentuk teks atau perintah tertentu.
    Baris baru, ada 2 tipe, yaitu:
    • Gunakan tag <br> maksudnya jika berpindah ke baris baru, walaupun kita menekan enter pada keybard, baris baru tersebut tidak akan terbentuk, kita harus mengetikkan tag <br> untuk berpindah ke baris baru
    • Tekan "enter" untuk baris baru, maksudnya jika kita menekan enter, maka otomatis kita akan membuat baris baru, hal ini juga berlaku walaupun Anda berada pada model HTML.

Jika semua telah selesai, klik Publikasikan untuk menerbitkan artikel Anda agar dapat dibaca oleh pengunjung.

Catatan:
Artikel menggunakan blogger versi Bahasa Indonesia

G+