Custom Search

Pages

Tuesday, May 29, 2012

Cara Memasukkan Artikel pada Joomla 2.5

Diposkan oleh La Ode Amir Jaya
Pada tutorial sebelumnya penulis telah membahas bagaimana membuat kategori pada Joomla 2.5 yakni sebagai persyaratan untuk membuat atau memasukkan artikel ke dalam website Joomla kita. Memasukkan artikel (posting) tidak susah, dimana kita dapat memasukkan artikel melalui article manager (baca posting sebelumnya mengenai Control Panel pada Joomla 2.5). Silahkan login ke administrator Joomla Anda untuk memasukkan artikel, lalu masuk pada Add New Article atau melalui Article Manager lalu pilih Add New Article, dan Anda akan melihat halaman berikut:


Pertama-tama penulis akan menjelaskan bagian kiri di atas. Perhatikan gambar berikut:


Keterangan gambar:
  1. Title, adalah judul artikel, misalnya penulis akan memberikan judul "Besaran dan Satuan".
  2. Alias. Alias ini dapat dikosongkan dan akan otomatis dibuat oleh sistem sesuai dengan judul artikel. Namun kita dapat memberi sendiri alias pada artikel, misalnya kita beri alias: besaran. Alias harus huruf kecil. Kegunaan alias adalah sebagai alias artikel yang akan tampil pada web browser.
  3. Chategory, adalah pada kategori mana artikel tersebut akan kita kelompokkan. Misalnya kita tempatkan pada kategori Fisika.
  4. Status. Pilih published jika artikel yang akan diketik langsung diterbitkan.
  5. Access, yaitu siapa saja yang dapat mengakses artikel ini. Jika memilih public maka artikel akan dapat dilihat oleh siapapun pengunjung dan jika memilih registered atau special maka artikel hanya dapat dilihat oleh pengunjung terdaftar baik statusnya sebagai registered atau special.
  6. Featured. Maksudnya jika memilih Yes, maka artikel yang kita masukkan akan ditampilkan pada halaman awal (homepage), dan jika memilih No, maka artikel tidak akan ditampilkan pada halaman awal. Penulis memilih Yes.
  7. Language. Maksudnya Dalam bahasa apa saja artikel tersebut ditampilkan. 
  8. Article text, yaitu sejumlah teks atau kalimat atau paragraf yang akan kita masukkan ke dalam website kita. Artikel tersebut tentunya akan disimpan pada editor joomla. 
Editor Joomla
Jika belum dilakukan perubahan atau penambahan pada editor yang telah Ada, editor joomla 2.5 terbagi atas 3 jenis, yaitu:
  1. Editor-CodeMirror. Tampilannya seperti gambar berikut:
    Gambar di atas editor CodeMirror pada Joomla 2.5. Jika kita menggunakan editor di atas, maka kita harus menguasai dasar-dasar html jika tidak, maka hanya teks biasa saja yang dapat kita masukkan.
  2. Editor-None. Tampilannya sama dengan CodeMirror hanya saja dalam penggunaannya mungkin berbeda (penulis juga tidak mengetahuinya secara pasti).
  3. Editor-TinyMCE. Tampilannya seperti gambar berikut:

  4. Tampak pada gambar bahwa editor di atas telah memiliki beberapa toolbar yang dapat kita gunakan. Dengan toolbar tersebut menjadikan kita dapat memasukkan artikel ke website kita walaupun kita tidak mengetahui sama sekali bahasa pemrograman HTML. Hanya saja editor di atas tampaknya belum dapat digunakan untuk memasukan kode-kode JavaScript, dan kita harus berpindah ke editor CodeMirror atau Editor-None, namun tentunya kita dapat kembali lagi ke editor ini jika kode JavaScript yang kita masukkan tersebut sudah berhasil dimasukkan (untuk artikel yang berbeda atau saat memasukan modul baru).
Sekarang kita mulai memasukkan Artikel ke dalam editor. Artikel yang akan penulis masukkan di sini adalah mengenai Besaran dan Satuan. Seperti tampak pada gambar berikut:


Di dalam membuat website, kita tentunya bukah saja memasukkan 1 artikel/konten, tetapi banyak. Kalau artikel yang akan kita masukkan banyak artikel dalam 1 kategori, maka sebaiknya kita membuat readmore (baca selanjutnya) pada artikel kita. Caranya sangat mudah yakni cukup menaruh kursor mouse pada batas artikel inginkan. Misalnya pada artikel di atas, kita akan potong pada akhir paragraf pertama tepatnya pada kata Lainnya. Kursor ditaruh pada akhir pada tersebut lalu klik menu Read More  pada bagian bawah editor maka read more akan jadi secara otomatis, seperti tampak pada gambar berikut:


Garis pada gambar di atas tidak akan muncul pada artikel jika telah diterbitkan dan hanya berfungsi sebagai pembatas atau readmore.

Setelah semua hal di atas telah kita lakukan, kita lihat bagian panel kanan artikel manager yakni gambar berikut:


Dari gambar di atas, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, namun kita juga dapat menerbitkan tanpa melakukan perubahan pada bagian ini (nanti kita bahas pada kesempatan lain). Jika ingin menerbitkan artikel, klik Save lalu buka website Anda.

G+