Pages

Thursday, May 3, 2012

Mendaftar Email di Yahoo Mail

Apakah Anda sudah memiliki email di yahoo.com? Jika Anda belum memiliki email di yahoo, Anda dapat melakukannya secara gratis di http://mail.yahoo.co.id untuk yahoo Indonesia. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan memiliki email di yahoo ini, misalnya email/akun yahoo dapat digunakan untuk chatting menggunakan Yahoo Messenger. Yahoo messenger sendiri penggunaanya sangat banyak, perusahaan besar pun banyak menggunakan layanan Yahoo Messenger yang tentunya gratis, dan masih banyak keuntungan lainnya. Bagi yang sudah memiliki email di Yahoo ataupun yang mengetahui lebih dalam tentang Yahoo ini, artikel ini tentunya tidaklah penting, namun bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat email di yahoo atau sering gagal membuat email, tidak ada salahnya membaca artikel ini.

Jika Anda tertarik untuk mendaftar email di Yahoo, kunjungi http://mail.yahoo.com atau jika Anda yang berada di Indonesia, Anda dapat mendaftar di Yahoo Indonesia di http://mail.yahoo.co.id maka Anda akan melihat gambar berikut:



Pada bagian bawah, terdapat menu Buat Account Baru, klik pada menu tersebut, dan Anda akan dibawa pada formulir pendaftaran berikut ini:



Gambar di atas adalah formulir pendaftaran email Yahoo. Isilah data-data yang diperlukan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Identitas Anda
Identitas Anda yang akan Anda berikan kepada Yahoo adalah berupa:
  • Nama. Isilah dengan nama Anda
  • Jenis Kelamin. Isilah jenis kelamin Anda
  • Tanggal Lahir. Pada kolom awal isilah dengan tanggal, pada Pilih Bulan pilihlah bulan kelahiran Anda dan kolom selanjutnya isilah dengan tahun kelahiran. Data Identitas kira-kira seperti gambar berikut:

Pilih ID dan Kata Sandi
  • ID Yahoo dan Email. Isilah dengan ID Yahoo sesuai dengan keinginan Anda. Namun ID tersebut tidak dapat dipilih jika telah diambil oleh orang lain atau tidak tersedia lagi. Namun saat kursor mouse ditempatkan dalam kotak Isian ID Yahoo dan Email, maka Yahoo secara otomatis akan memberikan pilihan ID. Anda dapat memilih salah satu dari pilihan yang diberikan, namun Anda juga dapat memilih ID lain. Perhatikan gambar berikut:
    Pada gambar di atas menunjukkan bahwa ID Yahoo: amir@yahoo.co.id tidak tersedia. Pada bagian bawah ada beberapa pilihan, Anda dapat memasukkan nama lain atau memilih salah satu dari pilihan yang ada. Misalnya seperti gambar berikut:
    Gambar di atas menandakan bahwa jayalaodeamir@yahoo.co.id tersedia
  • Kata Sandi. Kata sandi atau password adalah kata sandi yang akan dipakai untuk masuk ke Yahoo Email Anda. Minimum karakter yang Anda masukkan adalah 6 karakter dan maksimum 32 karakter. Sebaiknya dalam memilih kata sandi dipilih kata sandi yang mudah anda ingat namun tidak dapat ditebak oleh orang lain. Hindari memilih kata sandi yang berisi tanggal lahir, hari jadi atau peristiwa tertentu yang memungkinkan orang lain dapat menebaknya. Kata sandi Anda adalah privasi Anda. Jangan memberikan kata sandi kepada siapapun. Kata sandi dapat berupa huruf (contoh: gdgsdgsgsggdsgd), kombinasi huruf dan angka (gubgsg655222) atau kombinasi ganda (bul652huki8762cu)
  • Ketik ulang kata Sandi. Kata sandi yang telah dimasukkan, masukkan lagi pada kotak Ketik Ulang Kata Sandi. Kira-kira hasilnya sebagai berikut:


Jika Lupa Kata Sandi atau ID Anda
Mungkin pada suatu ketika, Anda lupa kata sandi ataupun ID Yahoo Anda. Anda dapat menemukannya kembali dengan menjawab pertanyaan rahasia yang diberikan yahoo. Pertanyaan rahasia tersebut tentunya harus pilih dahulu saat pendaftaran. Ada 2 pilihan pertanyaan Rahasia, dan setiap pilihan ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda pilih dan juga Anda dapat membuat sendiri pertanyaan Anda. Kita pilih saja pertanyaan yang sudah ada. Perhatikan gambar berikut:


Untuk memilih pertanyaan, silahkan klik pada -Pilih Satu- dan akan muncul seperti gambar berikut:


Silahkan pilih salah satu. Setelah pertanyaan dipilih, selanjutnya Isilah jawaban Anda pada kotak Jawaban Anda. Jawaban yang akan Anda isikan baik sesuai dengan pertanyaan maupun tidak. Misalnya: Apakah nama sekolah dasar Anda? Anda dapat menjawab dengan apa saja misalnya: SD saja dong bukan yang lain. Yang terpenting adalah jawaban tersebut Anda ingat dan tidak dapat ditebak oleh orang lain. Untuk pertanyaan rahasia 2, caranya sama dengan Pertanyaan Rahasia 1 namun pertanyaan yang Anda pilih harus berbeda dengan pertanyaan rahasia 1.

Di bawah pertanyaan rahasia adalah kode pelindung dari SPAM. Ketik kode tersebut sesuai dengan ka yang terbaca. Tidak boleh salah. Perhatikan gambar berikut:


Kode yang ditampilkan pada gambar di atas adalah MFc7yd. Kode yang akan tampil saat pendaftaran Anda akan berbeda dengan kode di atas. Formulir pendaftaran yang telah diisi kira-kira sebagai berikut:


Sebelum melanjutkan pendaftaran, bacalah dahulu Ketentuan Layanan Yahoo, Kebijakan Privasi Yahoo, dan Ketentuan Layanan Global Communication, jika Anda setuju dengan hal tersebut, Klik pada "Buat Account Saya" dan ikuti langkah selanjutnya yang menurut penulis, Anda pasti dapat melakukannya. Selama Mencoba!


Catatan:
Tampilan dan langkah-langkah di atas mungkin akan berbeda dari waktu ke waktu
Panduan di atas adalah untuk Yahoo Indonesia dan dalam Bahasa Indonesia, untuk bahasa dan Yahoo negara lain, dapat juga mengikuti langkah-langkah di atas yang caranya sama dan atau hampir sama hanya berbeda bahasa saja.