Pages

Thursday, November 1, 2012

Kartu AS Madura, Tarif Luar Pulau Madura Sebaiknya Ditinjau Ulang


Gambar diunduh dari http://www.telkomsel.com/media/upload/Kartu%20As%20Madura.jpg

Saat ini pelanggan Kartu AS dari Telkomsel yang berada di Pulau Madura (Jawa Timur) dimanjakan dengan Kartu AS edisi khusus Pulau Madura, dimana setiap Kartu AS Madura yang baru diaktifkan, pelanggan langsung medapatkan bonus 90 menit Nelpon, 600 SMS dan bonus data 10 MB
(http://www.telkomsel.com/product/kartu-as/8643-kartu-As-Madura.html). Berbeda dengan paket Kartu AS paket lainnya, Kartu AS Madura dapat digunakan di Luar Pulau Madura dengan tarif yang hampir sama. Menurut info dari http://www.telkomsel.com/product/kartu-as/8643-kartu-As-Madura.html, bahwa tarif kartu As madura adalah sebagai berikut:

Jika Pelanggan Berada di Pulau Madura
Telepon Ke Sesama Telkomsel Pukul  00.00 s/d 16.59, Rp 40/menit sampai akumulasi 30 menit (Pakai Rp 1.200), selanjutnya gratis 60 menit telepon ke sesama telkomsel

Telepon Ke Sesama Telkomsel Pukul  17.00 s/d 23.59, Rp 80/menit sampai akumulasi 30 menit (Pakai Rp 2.400), selanjutnya gratis 30 menit telepon ke sesama telkomsel.

 SMS ke Semua Operator Pukul 00.00 s/d 16.59,  dikenakan tarif Rp 150/SMS. Setelah kirim 1 SMS akan mendapatkan bonus 480 SMS ke sesama telkomsel dan 20 SMS ke operator lain.

 SMS ke Semua Operator Pukul 17.00 s/d 23.59,  dikenakan tarif Rp 150/SMS. Setelah kirim 2 SMS (pakaiRp 300) akan mendapatkan bonus 80 SMS ke sesama telkomsel dan 20 SMS ke operator lain.

Jika Pelanggan Berada di Luar Pulau Madura
Telepon Ke Sesama Telkomsel Pukul  00.00 s/d 16.59, Rp 40/menit sampai akumulasi 30 menit (Pakai Rp 1.200), selanjutnya gratis 60 menit telepon ke sesama telkomsel

Telepon Ke Sesama Telkomsel Pukul  17.00 s/d 23.59, Rp 80/menit sampai akumulasi 30 menit (Pakai Rp 2.400), selanjutnya gratis 30 menit telepon ke sesama telkomsel.

 SMS ke Semua Operator Pukul 00.00 s/d 16.59,  dikenakan tarif Rp 150/SMS. Setelah kirim 1 SMS akan mendapatkan bonus 480 SMS ke sesama telkomsel dan 20 SMS ke operator lain.

 SMS ke Semua Operator Pukul 17.00 s/d 23.59,  dikenakan tarif Rp 150/SMS. Setelah kirim 4 SMS (pakai Rp 600) akan mendapatkan bonus 80 SMS ke sesama telkomsel dan 20 SMS ke operator lain.

 Tarif ke Operator lain, Data dan Tarif SLI dapat dilihat di http://www.telkomsel.com/product/kartu-as/8643-kartu-As-Madura.html.

Yang menarik dari sistem tarif kartu AS Madura ini adalah tarif ke Sesama Telkomsel baik yang berada di Pulau Madura maupun yang berada di luar Pulau Madura hampir sama dimana yang berbeda hanya tarif SMS pukul 17.00 s/d 23.59. Berbeda dengan kartu AS lainnya misalnya kartu AS Belitung, tarif hanya berlaku di Belitung, Kartu AS Lombok tarif hanya berlaku di Lombok dan sebagainya. Sistem tarif dapat mengakibatkan kartu Edisi lain khususnya Kartu AS 100x Lipat (Kartu AS Baru Reguler) dimana antara daerah yang satu dan daerah lainnya juga berbeda dan kemungkinan akan berpengaruh. 

Saat artikel ini saya tulis dan berhubung saya juga adalah Retailer Produk/Pulsa Telkomsel, dimana saya pernah ditanya oleh pembeli, apakah saya menjual perdana AS Madura. Saya menjawab, tidak ada, itu hanya dijual di Madura dan tidak berlaku disini. Namun kenyataannya, Kartu AS Madura tarifnya berlaku juga di Luar Pulau Madura. Bahkan dari beberapa informasi yang saya peroleh bahwa Kartu AS Madura dijual antara Rp 40.000 s/d Rp 50.000, dan mungkin lebih. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan Kartu AS Edisi lain akan berpengaruh, sebab walaupun harga Kartu Perdana AS Madura mahal, Kartu tersebut akan tetap dibeli sebab tarifnya murah. Mari kita lihat tarif Kartu AS 100x lipa untuk Area Sulawesi, seperti berikut:

Pukul 00.00 s/d 05.59, pakai Rp 500 dapat bonus Rp 50.000
Pukul 06.00 s/d 17.59, pakai Rp 1.500 dapat bonus Rp 30.000
Pukul 18.00 s/d 23.59, pakai Rp 2.000 dapat bonus Rp 20.000

Jika Pulsa > Rp 500, maka Tarif Telepon ke sama Telkomsel adalah Rp 500/30 detik untuk 30 detik pertama, kemudian akan dikenakan tarif Rp 15/detik, dan jika < Rp 500 maka tarifnya Rp 20/detik. 

Maksudnya tarif ini adalah jika antara pukul 00.00 s/d 05.59 (tengah malam hingga pagi), Anda harus pakai Rp 500 agar mendapatkan bonus Rp 50.000. Jadi Anda harus menelepon dahulu 30 detik (jangan lebih, jika lebih pulsa Anda akan terpotong lebih dari Rp 500), dan ketika lama Anda melepon 30 detik, maka telepon harus dimatikan. Setelah itu Anda akan mendapatkan bonus Rp 50.000. Bonus Rp 50.000 ini hanya dapat dipakai pada waktu yang sama yakni rentang waktu pukul 00.00 s/d 05.59 dengan tarif Rp 15/detik untuk telepon (kira-kira dapat dipakai sekitar 55 menit), bonus ini juga dapat dipakai untuk SMS dan internet. Untuk rentang waktu lain tentu saja Anda harus mengeluarkan pulsa Rp 1.500 dan Rp 2.000 namun bonusnya menjadi lebih sedikit. Info lainnya dapat dibaca di http://www.telkomsel.com/kartuas.

Olehnya itu sebaiknya Telkomsel dapat meninjau kembali sistem tarif Kartu AS Madura ini jika berada di luar Pulau Madura, sebab hal dapat mempengaruhi Perdana Kartu AS Edisi lainnya. Minimal Kartu AS Madura yang pertama kali diaktifkan di luar Pulau Madura, mengikuti skema tarif di daerah yang bersangkutan atau mengikuti skema tarif Kartu AS 100x Lipat. Semoga Artikel ini bermanfaat.

22 komentar:

  1. Buat kita2 yg pengecer/outlet kecil ikut saja yg mana menguntungkan.

    ReplyDelete
  2. Benar, saya juga penjual pulsa dan kartu perdana di Kolaka-Utara Sulawesi.
    Saya amati semenjak beredarnya kartu as madura walaupun mahal orang tetap beli dan omset penjualan pulsa jadi menurun.
    pernah juga sy jual as madura dg harga 25-30 rb. skrg tdk lg krn katanya telkomsel sdh melarang.

    ReplyDelete
  3. sebaiknya d tinjau ulang lah tarifnya bila di luar madura, penjualan pulsa hancurrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  4. klok bisa tarif as madura jagan di ubah klok ada dluar pulau contoh di sulawesi sekarang orang2 bayak dirugikan sama telkomsel karena as madura yg ini di kayak monupulasi orang telkomsel sendiri

    ReplyDelete
  5. Tarif as madura NAIK...

    ReplyDelete
  6. Mahal banget tarifny. Dulu 40/ menit sekarang 150/menit. Mahaaalllllllllllllll

    ReplyDelete
  7. As madura sekarang mahaaalllllllll

    ReplyDelete
  8. kartu madura sekarang ko tambahmahal ????????

    ReplyDelete
  9. Saran saya utk telkomsel sebaiknya jangan sering sering mengubah tarif terutama kartu asmad, krn setahu saya ini yang ketiga kalinya Telkomsel mengubah tarif, saya kwatir kredibilitas Telkomsel akan diragukan orang yg pada akhirnya merugikan Telkomsel sendiri akibat mosi tidak percaya akan promo telkomsel kedepannya. Saran saya seharusnya Telkomsel lebih bijak dalam hal perubahan tarif kartu Asmad; misalnya bagi pelanggan yg telah mengaktifkan kartu Asmad sebelum tgl 1 Nov 2012 tetap dgn tarif lama, dan bagi pelanggan yang mengaktifkan kartu Asmad diatas tanggal 1 Nov 2012 baru dikenakan tarif baru.
    Dmk dapat saya sampaikan saran ini utk Telkomsel

    ReplyDelete
  10. pasti gtu dch kartu as, mulax aja murah, tar jg lama2 mahal jg..
    Ne buktix as madura mahal bget skrg

    ReplyDelete
  11. ah cma promo murah, toh jg lma2 mahal

    ReplyDelete
  12. mana tarif yg dulu?????? kecewaaaa sekaliiii........

    ReplyDelete
  13. sebaiknya tarif kartu asmad yg di aktifasi sebelum tanggal 1 nov 2012 ya tetap dong, kecuali yg setelah tgl 1 nov 2012, karena saya membeli kartu asmad kan untuk berkomunikasi dengan sanak saudara yg ada di madura juga. mohon kebijakan dari telkomsel. tks

    ReplyDelete
  14. Gan aku kok nggak dapat gratisan malahan nggak bisa daftar juga, apakan paket tersebut khusus untuk kartu baru aja. tidak untuk kartu lama ya..??

    ReplyDelete
  15. kalo ada yang mau as madura aku punya stok terbatas tinggal pilih tapi kebanyakan nomornya tidak cantik, alias biasa-biasa saja tapi tarif nya WOW murahnya, bisa pesan lewat SMS di 085736211786

    ReplyDelete
  16. kartu as maadura ga sesuai dg aslinya...muahalll.sekarang gue pake yg lain aja...males...plin plan bikin progam...asal tahu aja sukanya menjebak konsumen dg progam yg awlanya murah setelah ditengah jalan dg alasan masa promo habis akhirnya jd muahall banget...mending pake XL 2dt all operator dr th 2009 sampe skg ga berubah...salut utk xl..

    ReplyDelete
  17. YAng penting nmernya cantik aja>>>

    ReplyDelete
  18. mahal sekarang...mahale pwoll..tpi klo sms msih agak murah kayae..

    ReplyDelete
  19. udah selesai promonya. Buang aja ganti kartu. Kenapa ribut kalo promo dah habis? itu kartu buat orang madura bukan pulau lain. Terimalah kenyataan.

    ReplyDelete
  20. as madura sekarang mahallllll.langsung aj mau gue matiin...ganti as reguler saja

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Jangan menyertakan url/nama domain dalam isi komentar. Komentar Anda sebaiknya berhubungan dengan artikel yang dibahas. Url/blog yang mengandung unsur pornografi, pornoaksi, obat-obatan/resep obat, perdagangan senjata api/tajam, yang berhubungan dengan download MP3/MP4/Video, atau url/blog/website yang melanggar serta yang melakukan SPAM termasuk blog/web yang membajak isi dalam website ini tanpa menyertakan url www.naskah.net akan dihapus.