Pages

Wednesday, December 19, 2012

Tarif dan Promo Terbaru Kartu AS Madura

Dalam tutorial sebelumnya, penulis telah membahas mengenai tarif kartu AS Madura, akan tetapi saat ini telah terjadi perubahan tarif dan promo pada Kartu AS Madura.

Gambar di unduh dari: http://www.telkomsel.com/product/kartu-as/8643-kartu-As-Madura.html

Adapun tarif dan promo Kartu As Madura adalah sebagai berikut:

  1. Jika berada di Pulau Madura dan Daerah lainnya di Jawa Timur
    • Telepon ke sesama telkomsel pukul 00.00-16.59, tarif Rp 40/menit, setelah 30 menit atau akumulasi pemakaian telepon Rp 1.200, maka akan mendapatkan gratis telepon 60 menit ke sesama telkomsel.
    • Telepon ke sesama telkomsel pukul 17.00-23.59, tarif Rp 80/menit, setelah 30 menit atau akumulasi pemakaian telepon Rp 2.400, maka akan mendapatkan gratis telepon 30 menit ke sesama telkomsel. 
    • Telepon ke Operator lain jika berada di Pulau Madura adalah Rp 270.menit, sedangkan jika berada di daerah lain Jawa Timur adalah Rp 360/30 detik sampai 120 detik (2 menit) selanjutnya adalah Rp 270/menit. Tarif berlaku sepanjang hari.
    • Tarif SMS ke semua operator dalam negeri adalah Rp 150/SMS. Namun Anda akan mendapatkan bonus SMS dengan skema sebagai berikut:
      • Pukul 00.00-16.59, setelah kirim 1 SMS, maka akan mendapatkan bonus 480 SMS ke sesama Telkomsel dan 20 SMS ke Operator lain dalam negeri.
      • Pukul 17.00-23.59, setelah kirim 2 SMS, maka akan mendapatkan bonus 80 SMS ke sesama Telkomsel dan 20 SMS ke Operator lain dalam negeri jika berada di Pulau Madura, sedangkan jika berada di Daerah lain di Jawa Timur, Anda harus mengirim 4 SMS dahulu.
  2. Jika berada di Luar Pulau Madura dan Daerah lainnya di Jawa Timur
    • Telepon ke sesama telkomsel pukul 00.00-16.59, tarif Rp 150/menit, setelah 30 menit atau akumulasi pemakaian telepon Rp 4.500, maka akan mendapatkan gratis telepon 60 menit ke sesama telkomsel.
    • Telepon ke sesama telkomsel pukul 17.00-23.59, tarif Rp 200/menit, setelah 30 menit atau akumulasi pemakaian telepon Rp 6.000, maka akan mendapatkan gratis telepon 30 menit ke sesama telkomsel. 
    • Telepon ke Operator lain adalah Rp 360/30 detik sampai 120 detik (2 menit) selanjutnya adalah Rp 270/menit. Tarif berlaku sepanjang hari.
    • Tarif SMS ke semua operator dalam negeri adalah Rp 150/SMS. Namun Anda akan mendapatkan bonus SMS dengan skema sebagai berikut:
      • Pukul 00.00-16.59, setelah kirim 5 SMS, maka akan mendapatkan bonus 480 SMS ke sesama Telkomsel dan 20 SMS ke Operator lain dalam negeri.
      • Pukul 17.00-23.59, setelah kirim 9 SMS, maka akan mendapatkan bonus 80 SMS ke sesama Telkomsel dan 20 SMS ke Operator lain dalam negeri.
Untuk tarif Data (internet) adalah Rp2/kB, setelah memakai 500 kB (Rp1.000), maka akan mendapatkan bonus 10 MB dan berlaku sepanjang hari seluruh Indonesia (jika berada di dalam negeri).

Informasi ini mungkin akan berubah pada suatu saat, dan untuk info selengkapnya kunjungi: http://www.telkomsel.com/product/kartu-as/8643-kartu-As-Madura.html.

Saturday, December 15, 2012

KTP Elektronik (eKTP), Keunggulan dan Permasalahannya

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia KTP Elektronik atau electronic KTP (eKTP) adalah Kartu Tanda Penduduk yang dibuat secara elektronik, maksudnya adalah baik segi fisik dan kegunaannya berfungsi secara komputerisasi (http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Tanda_Penduduk_elektronik). eKTP ini telah banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia dan di Indonesia sendiri baru mulai diterapkan secara terbatas pada tahun 2009. Penerapan secara nasinal pada tahap I dimulai pada Februari 2011 dan tahap II dilanjutnya hingga 31 Oktober 2012 dan diperpanjang hingga 31 Desember 2012. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai eKTP Anda dapat membaca artikel lain di e-ktp.com dan wikipedia Bahasa Indonesia di: http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Tanda_Penduduk_elektronik.



Jika dilihat dari segi keunggulan, eKTP tentu sangat banyak manfaatnya di antaranya sebagai berikut:
  1. Tidak akan ada lagi orang/penduduk yang memiliki lebih dari 1 (satu) KTP walaupun berganti nama ataupun pindah di daerah lain. Maksudnya jika seseorang telah memiliki eKTP atau telah melakukan perekaman data eKTP di Kota Kendari, dan selanjutnya ia pindah lagi ke Kabupaten Muna untuk melakukan perekaman dan seterusnya mungkin pindah ke Papua, hanya sia-sia. eKTP yang ia akan miliki hanya di Kota Kendari dan tidak akan pernah mendapatkan eKTP di daerah lainnya. 
  2. Dapat digunakan untuk menangkap dan mencegah terorisme. Karena hanya memiliki 1 KTP maka seseorang yang akan pindah di tempat lain tidak dapat pindah seenaknya sebab harus diketahui oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Asal dan yang dituju. Kalau ia pindah tanpa surat pindah, ia tidak akan mendapatkan eKTP di tempat yang dituju. Selain itu, mungkin seorang teroris tidak melakukan perekaman data eKTP sehingga tidak memiliki eKTP, maka dengan mengadakan razia eKTP, teroris cepat akan tertangkap.
  3. Mempermudah identifikasi seseorang. Salah satu contoh adalah seseorang yang mengalami kecelakaan dan tidak dapat dikenali lagi begitu juga eKTP yang dimiliki orang tersebut tidak ditemukan, hanya dengan sidik jari yang bersangkutan dapat diketahui siapa orang tersebut dan dari mana asalnya. Contoh lain adalah jika sebuah rumah dimasuki pencuri melalui jendela dan di jendela tersebut meninggalkan jejak sidik jari, maka akan cepat diketahui siapa yang mencuri.
  4. Melindungi Kreditur dan mencegah korupsi. Maksudnya adalah jika seseorang memiliki hutang kepada orang lain atau bank, karena mungkin tidak dapat dilunasi dan akhirnya ia melarikan diri. Walaupun ia melarikan diri, ia dapat diketahui dimana ia berada atau pasti akan kembali lagi ke tempat asalnya karena urusan eKTP sebab ia tidak akan pernah memiliki eKTP di tempat lain. Seorang koruptor tidak akan bisa lari keluar negeri sebab penerbitan paspor akan berdasarkan pada data eKTP dan tidak dapat menggunakan paspor orang lain atau menggunakan nama orang lain, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.
Terlepas dari keunggulan (manfaat) eKTP di atas, maka akan beberapa permasalahan yang mungkin akan timbul dalam penerapan eKTP ini, antara lain sebagai berikut:
  1. Terdapat kesalahan data penduduk. Dalam proses perekaman data eKTP, seorang operator akan mengonfirmasi kepada penduduk yang bersangkutan apakah datanya sudah benar atau belum dan selanjutnya proses perekaman dilanjutkan. Akan tetapi karena banyaknya orang atau karena perekaman hingga larut malam, maka penduduk yang direkam datanya tidak ditanya lagi atau ditanya tapi lupa menyuntingnya yang pada akhirnya data penduduk yang bersangkutan menjadi tidak sesuai dengan yang sebenarnya sehingga mengakibatkan data penduduk yang bersangkutan salah.
  2. Saat penduduk melakukan perekaman data di Kecamatan/Kelurahan/Mobile, data penduduk tidak ada dan ia disarankan untuk melakukan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang lokasinya sangat jauh dan akhirnya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.
  3. eKTP yang sudah dicetak tidak diaktivasi. Perlu diketahui bahwa eKTP yang telah jadi harus diaktivasi di tempat dimana melakukan perekaman data. Proses aktivasi ini untuk melihat apakah data penduduk yang bersangkutan valid atau invalid. Validitas data penduduk dapat dibuktikan dengan sidik jari sebab jika yang melakukan sidik jari bukan pemilik yang sebenarnya maka eKTP tidak akan dapat diaktivasi. Kenyataan di lapangan ada beberapa masyarakat yang eKTP-nya tidak diaktivasi atau tidak aktif. Ada beberapa daerah saat pendistribusian eKTP, eKTP yang sudah jadi langsung diberikan kepada masyarakat dan nanti masyarakat sendiri yang pergi melakukan aktivasi sendiri, namun karena tempatnya jauh, masyarakat kemungkinan malas melakukan aktivasi eKTP. Selain itu, Kecamatan/Desa yang dilayani secara mobile mungkin eKTP-nya dibagikan tanpa melalui tahap aktivasi terlebih dahulu.
  4. Data eKTP Benar tapi foto pemilik tidak sesuai, eKTP tetap dibagikan.
  5. NIK Penduduk tidak sesuai dengan struktur NIK yang sebenarnya. Penulisan NIK aturannya mengikuti urutan berikut:
    • Kode Propinsi
    • Kode Kabupaten
    • Kode Kecamatan
    • Tanggal Lahir (kalau perempuan ditambah 40)
    • Bulan Lahir
    • Tahun Lahir (2 digit terakhir angka tahun)
    • Nomor Urut menurut tanggal lahir, maksudnya seseorang yang lahir pada tanggal 18 Desember 1981 dan orang lain dalam kecamatan yang sama belum ada yang memiliki NIK, maka Nomor Urutnya adalah 0001. Jika yang bersangkutan berada di Sulawesi Tenggara (Kode: 74), Kabupaten Muna (Kode: 03), Kecamatan Kabangka (Kode:23), maka NIK yang bersangkutan adalah: 7403231812810001
    Saat melakukan perekaman data di Kecamatan/Kelurahan/Mobile ternyata tanggal lahirnya salah dan tanggal lahir tersebut langsung diubah, misalnya tanggal lahirnya adalah 12 Januari1981, NIK yang bersangkutan tidak berubah di aplikasi eKTP namun eKTP yang bersangkutan tetap akan diterbitkan. Hanya saja jika yang bersangkutan melakukan perubahan data di Catatan Sipil setelah melakukan perubahan di Kecamatan/Kelurahan/Mobile, NIK yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan berubah.
  6. eKTP dapat diaktivasi tanpa Sidik Jari terlebih dahulu. Ada beberapa eKTP saat diaktivasi, menu verifikasi tidak muncul namun operator dapat melakukan aktivasi sebab menu aktivasi pada aplikasi dapat digunakan.
  7. eKTP saat dibaca dengan Card Reader menggunakan aplikasi versi lama misalnya aplikasi Benroller 2.2 tidak dapat terbaca, walaupun digeser, dibolak-balik, Komputer di restart, tetap tidak bisa terbaca, namun saat menggunakan aplikasi terbaru yakni Aplikasi Benroller 3.0, eKTP tersebut dapat dibaca oleh Card Reader dan eKTP dapat diaktivasi. Dikhawatirkan pada suatu saat nanti misalnya saat berurusan di Bank, eKTP tidak dapat terbaca oleh Card Reader Bank.
  8. Sebagian data penduduk pada eKTP terhapus. Saat eKTP akan dibagikan, ternyata biodata penduduk sebagian terhapus atau tidak tercetak akan tetapi data elektronik yang bersangkutan benar. 
  9. Penduduk yang telah melakukan perekaman data eKTP di suatu tempat, tiba-tiba pindah ke tempat/daerah lain yang jaraknya sangat jauh. Salah satu contoh adalah seseorang yang telah melakukan perekaman data di salah Kecamatan di Kota Palu Sulawesi Tengah, sebelum eKTP-nya diterima, ia pindah di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Perlu dicatat bahwa biaya transportasi darat dan laut dari Palu ke Muna di atas Rp 200.000,-. Penduduk yang bersangkutan walaupun dapat melakukan perekaman data di salah satu Kecamatan di Kabupaten Muna sebab datanya ada, eKTP-nya tidak akan keluar (status duplicate), yang pada akhirnya ia harus kembali ke Kota Palu lagi untuk mengambil eKTP-nya dan mengurus Surat Pindah Tempat Tinggal dan seterusnya
  10. Masalah-masalah lain kemungkinan masih ada. 
Terlepas dari permasalahan penerapan eKTP ini, setidaknya data eKTP sangat akurat dan penduduk dapat terkontrol, dan tidak dapat lagi pindah seenaknya atau melarikan diri. Semoga permasalahan di atas dapat teratasi di kemudian hari dan semoga pula artikel ini dapat bermanfaat.

Sunday, December 9, 2012

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Jika Anda mencari di google mengenai cara meningkatkan pengunjung blog maka banyak sekali blog/web yang telah membahas mengenai hal ini yang tentunya banyak cara yang dapat dilakukan. Walaupun sudah banyak yang membahasnya, tidak ada salahnya penulis mengulas sedikit mengenai "Cara Meningkatkan Pengunjung Blog" ini.

Mendapatkan pengunjung yang banyak adalah dambaan bagi seorang blogger atau pemilik website namun dambaan ini tentunya tidak semua dapat menggapainya. Hal ini dapat disebabkan karena hal-hal sebagai berikut:
  1. Kurangnya promosi sehingga blog atau website kita banyak yang tidak tahu
  2. Alamat url blog atau website terlalu panjang. Url blog atau website yang pendek akan mudah diingat oleh pengunjung
  3. Susah ditemukan di Mesin Pencari (Search Engine)  atau tidak ditemukan oleh mesin pencari.
  4. Blog atau web kita tidak penting, khususnya blog artikel atau konten yang ada di dalamnya sangat sedikit.
  5. Waktu muat (loading) web atau blog sangat lama sehingga pengunjung bosan untuk membuka web atau blog kita.
  6. Isi Web atau blog mengandung unsur pornografi dan pornoaksi. Banyak orang yang bernggapan bahwa memiliki situs yang mengandung unsur pornografi atau pornoaksi akan banyak dicari oleh pengunjung namun perlu kita ketahui bahwa situs yang mengandung unsur pornografi dan pornoaksi akan diblokir baik oleh operator maupun pemerintah di suatu negara yang tentunya web atau blog tidak dapat diakses.
  7. Konten blog atau web adalah konten hasil kopi-paste. Konten yang anda ambil dari website atau blog lain secara ilegal kemungkinan tidak akan terdapat pada search engine sebab pemilik konten tersebut bisa saja melaporkan Anda ke DMCA (Digital Millennium Copyright Act) dan kemugkinan artikel yang Anda salin tersebut akan dihapus dari mesin pencari dan bahkan akan diblokir. Jika Anda menyalin konten dari suatu web/blog sebaiknya Anda mengutip saja dan mencantumkan url asal.
  8. Hosting yang Anda miliki terbatas, hal ini membuat website atau blog Anda tidak dapat dikunjungi oleh banyak pengunjung. Jika Anda memilih hosting untuk blog/web sebaiknya memilih penyedia yang menyediakan "Unlimited". Masih banyak lagi hal-hal lain (Anda bisa cari di google lain).
Bagaimanakah cara meningkatkan pengunjung? Untuk penulis sendiri ada hal-hal yang penulis lakukan untuk memperbanyak pengunjung blog, di antaranya:

    1.  Promosi 
    Menurut penulis, yang pertama kita lakukan agar blog/web kita dikenal oleh orang adalah promosi. Promosi dapat dilakukan dengan mengirimkan email ke teman (jangan melakukan SPAM), memasang iklan pada web iklan gratis dan web komersial, berbagi di situs jejaring sosial seperti google+, facebook, twitter, dan situs jejaring sosial lain.
    • Promosi via email. Jika Ada email yang Anda kenal, Anda dapat mengirimkan email kepada kenalan Anda. Hanya saja dalam mengirim email jangan terlalu banyak sebab kalau terlalu banyak nanti akan dianggap sebagai SPAM yang pada akhirnya email Anda tidak akan dihiraukan.
    • Beriklan di web iklan baris. Saat ini banyak sekali penyedia web iklan baris dan Anda dapat memanfaatkan iklan gratis untuk menambah jumlah pengunjung web/blog Anda. Jika Anda memasang iklan pada web iklan gratis, sebaiknya Anda memasang iklan 1 kali saja dan jangan diulang-ulang sebab jangan sampai dianggap SPAM dan iklan Anda akan dihapus.
    • Beriklan di web/blog komersial. Banyak sekali web/blog penyedia iklan komersial mulai dari mahal hingga yang murah meriah. Sebagai tahap awal kita dapat beriklan di web memasang tarif murah walaupun pengunjung web tersebut tidak terlalu banyak. Patokan penulis beriklan di web/blog komersial adalah alexa traffic web/blog yang bersangkutan misalnya peringkat alexa-nya adalah 5 digit dengan biaya Rp 75.000/bulan. Dengan biaya seperti ini diharapkan kita dapat mendapatkan kunjungan dari web tempat kita memasang iklan 300 hingga 400 kunjungan. Biasanya semakin tinggi peringkat alexa-nya biaya iklan semakin murah.
    • Memasang iklan dengan sistem bayar per tampil. Selain Anda memasang iklan dengan sistem bayar bulanan, Anda juga dapat memasang iklan pada web yang menawarkan iklan dengan sistem biaya per tampil. Maksudnya adalah iklan Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang melihat web/blog Anda. Beberapa penyedia iklan layanan seperti ini adalah google dan lain-lain. Penyedia lainnya Anda dapat mencarinya di mesin pencari google
    • Berbagi tautan (link) di jejaring sosial. Yang pertama-tama yang Anda lakukan adalah berbagi url domain di situs jejaring sosial seperti google+, facebook, twitter dan sebagainya. Berikutnya, setiap Anda selesai memposting artikel, sebaiknya Anda berbagi lagi tautannya. Anda juga dapat berbagi tautan di beberapa grup di jejaring sosial yang anggotanya banyak (lagi-lagi jangan melakukan SPAM).
    2. Menggunakan Widget Jejaring Sosial
    Widget jejaring sosial ini maksudnya kita memasang widget tersebut di blog/web kita. Misalnya widget rekomendasi google+, widget like untuk facebook, widget tweet untuk twitter dan lain-lain. Widget-widget ini berfungsi saat pengunjung mengeklik widget tersebut misalnya widget like facebook, saat pengunjung menyukai web Anda, maka teman-temannya akan melihat bahwa ia menyukai suatu halaman web dan kemungkinan temannya tadi akan membuka web/blog kita, bahwa ia akan berbagi tautan kita dengan teman-temannya begitu juga dengan google+, twitter, dll. 

    3. Optimisasi Mesin Pencari
    Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization yang dingkat SEO), yaitu cara agar website atau blog kita dapat terindeks oleh Mesin Pencari dengan baik. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari) dikatakan bahwa SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan volume dan kualitas lalulintas situs dari mesin pencari ke web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme mesin pencari. Sebenarnya tanpa melakukan apa-apa pada website/blog kita, website/blog tersebut dapat diindeks oleh mesin pencari hanya saja mungkin posisi website/blog kita pada mesin pencari berada pada nomor buntut. Perhatikan hasil pencarian www.naskah.net di google search dengan menggunakan kata kunci "artikel gratis" dan "naskah gratis" seperti tampak pada gambar berikut:


    Gambar di atas adalah tampilan pencarian dengan kata kunci "Artikel Gratis"


    Gambar di atas tampilan pencarian dengan kata kunci "naskah gratis"

    Untuk optimisasi mesin pencari ini, Anda dapat membawa artikel lainnya mengenai "Optimisasi Mesin Pencari" di google (silahkan Anda mencarinya).

    4. Mendaftar di Search Engine
    Sebenarnya tanpa kita mendaftar, Search Engine akan menemukan web/blog kita. Hanya saja  cara ini masih menjadi cara yang tidak terlewatkan oleh banyak orang. Karena banyaknya mesin pencari (search engine), kita tentu kita kerepotan mendaftar. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa web penyedia layanan pendaftaran di mesin cari yang gratis, coba Anda mencarinya di google dengan kata kunci "Add Url" dan "Submit Url".

    5. Membuat Grup di Jejaring Sosial
    Membuat group di jejaring sosial juga salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung sebab jika grup Anda banyak anggotanya maka sudah pasti ada anggota grup Anda yang akan melihat web/blog Anda bahkan anggota grup Anda akan berbagi tautan (link) Anda.

    Masih banyak lagi cara lainnya misalnya memasang komentar di blog lain, namun menurut penulis cara ini cukup memakan waktu namun tidak ada salahnya Anda mencobanya sebab penulis menggunakannya juga.

    Friday, December 7, 2012

    K-Meleon Browser, Cepat dan Ringan

    Anda bosan atau jenuh dengan peramban web (web browser) Anda saat ini? Atau Anda sulit mengunduh peramban web yang lain karena ukuran file besar? Pada kesempatan ini penulis akan coba membahas salah peramban web (web browser) yang ukuran filenya kecil (ringan) namun sangat cepat. Peramban ini adalah K-Meleon. K-Meleon adalah salah satu peramban web yang cepat dan ringan menurut design Gecko yang dikembangkan oleh Mozilla (digunakan juga pada firefoks). Perhatikan gambar berikut ini:


    Gambar di atas adalah tampilan www.naskah.net saat dibuka menggunakan K-Meleon. Ada beberapa keunggulan pada K-Meleon dibandingkan peramban web lainnya di antaranya adalah sebagai berikut:
    1. Selain cepat, peramban ini sangat ringan dan ukuran file installer-nya tidak terlalu besar yakni 7,5 MB (versi 1.6.0 Beta 2). Dengan ukuran file seperti ini tentunya kita dapat mengunduhnya walaupun koneksi internet tidak terlalu cepat. Saat penulis mengunduhnya dengan menggunakan Operator XL di jaringan 2G, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
    2. Memiliki fitur Read Mail (Baca Email) dan Read News (Baca Berita) langsung dari toolbar K-Meleon
    3. Selain Read Mail dan Read News, K-Meleon juga dilengkapi dengan toolbar Umpan (Feeds). Dengan fasilitas ini, kita dapat membaca umpan (RSS Feeds).
    4. Peramban ini adalah Open Source di bawah GNU General Public License sehingga dapat digunakan secara gratis. Masih banyak fitur-fitur lainnya.
    Untuk informasi selengkapnya Anda dapat mengunjungi http://kmeleon.sourceforge.net/ dan untuk mengunduhnya (versi 1.0.6) dapat mengunjungi: http://kmeleon.sourceforge.net/download.php.

    Selamat Mencoba! 

      Tuesday, December 4, 2012

      Cara Mengetahui Rincian Tagihan Listrik PLN

      Pembayaran tagihan listrik PLN dahulu dengan sekarang berbeda, jika dahulu kita membayar listrik, selain kita mengetahui informasi berapa tagihan kita, juga kita dapat mengetahui rincian tagihan dan kita membayarnya di kantor PLN terdekat. Untuk saat ini hampir dapat dipastikan bahwa seluruh rekening pelanggan PLN (ID Pelanggan) telah online, hal ini dapat leluasa dalam hal melakukan pembayaran, kapan dan dimana saja kita dapat melakukan pembayarn seperti Kantor Pos Online, Loket Bank, ATM, SMS Banking, internet Banking, Akun khusus kartu seluler (tCash dari Telkomsel, XL Tunai, dll), akun Delima, Kartu Kredit hingga PPOB (Payment Point Online Bank) dan masih banyak lagi yang lainnya.

      Perhatikan salah satu contoh struk pembayaran listrik berikut:


      Tampak pada gambar bahwa rincian pembayaran tidak ada dan kita dapat mengecek di web resmi www.pln.co.id, dan lihat bagian seperti gambar berikut:


      Masukkan ID Pelanggan PLN Anda pada kotak ID Pelanggan lalu klik Cek dan akan tampak seperti gambar berikut:


      Klik pada Lihat Invoice dan perhatikan gambar bagian berikut:


      Jika Anda sudah memiliki akun di info billing PLN, silahkan masukkan email dan katas andi Anda serta kode sandi di bagian bawah (jika belum memiliki akun, klik pada User Baru dan ikuti langkah-langkahnya), lalu klik masuk dan akan tampak gambar berikut:


      Tampak pada gambar bahwa rincian tagihan sangat lengkap. Rincian ini juga akan anda terima melaui email.

      Sunday, December 2, 2012

      Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

      Mungkin di antara kita pernah melakukan komplein terhadap tagihan listrik kita kepada tempat pembayaran, hal ini disebabkan karena kita merasa kaget dengan tagihan listrik kita yang tiba-tiba bengkak. Selain itu, mungkin tagihan listrik kita titipkan sama orang atau dibayarkan oleh kolektor sementara bukti pembayaran tidak kita terima dan tagihan listrik terbayar. Saat ini Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi, sebab tagihan listrik Anda dapat Anda cek melalui SMS.

      (gambar diunduh dari: www.pln.co.id)

      Jika sebelumnya tagihan listrik dapat dilihat melalui web PLN (www.pln.co.id, baca artikel sebelumnya), maka saat ini pelanggan dapat melakukan pengecekan tagihan listrik via SMS. Anda akan menerima SMS mengenai tagihan listrik Anda pada bulan berjalan.Cara mengetahui tagihan listrik via SMS adalah sebagai berikut:

      Cek Tagihan Bulan Berjalan
      REK IDPEL-LISTRIK-ANDA, contoh: REK 328231262639

      Langganan Info Tagihan Bulanan
      Langganan info tagihan bulanan ini adalah Anda akan menerima SMS setiap bulannya dari PLN mengenai berapa tagihan listrik Anda pada saat itu. Caranya ketik:
      PLN ON IDPEL-LISTRIK-ANDA, contoh: PLN ON 328231262639

      Kirim Anda ke: 8123

      Catatan:
      Untuk saat ini layanan cek tagihan listrik via SMS hanya dapat menggunakan operator TELKOMSEL, Flexi, Indosat dan Mobile-8.

      Saturday, December 1, 2012

      Cerpen: Rakyatku, Maafkanlah Aku (Bagian 2)


      Setelah mendapatkan bantuan data dari para saudagar dari mancanegara itu, sang Pangeran yang dikawal beberapa orang pergi menuju markas sekte yang akan mendukungnya dan ia berhasil mendapatkan tiga sekte dan salah satunya adalah sekte besar. Pada hari itu juga, ketiga sekte dan sang Pangeran mengadakan pertemuan untuk membicarakan hal-hal apa yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan sang Pangeran menjadi bakal calon pemimpin Alhasil, pertemuan itu terlaksana dengan baik tanpa hambatan apapun walaupun pertemuan itu diadakan hingga larut malam.

      Keesokan harinya, sang Pangeran bersama tiga pimpinan sekte dan dikawal oleh anggota sekte pergi menuju tempat pendaftaran calon dan pendaftarannya pun diterima karena mendapatkan dukungan sekte besar ditambah dua sekte lainnya.

      Hari terus berlalu, hingga masa penentuan calon pemimpin dilakukan. Pada hari itu panitia pemilihan mengumumkan siapa-siapa calon yang akan maju dalam pemilihan pemimpin. Pada saat itu, sang Pangeran diumumkan sebagai salah satu calon yang lolos dan berhak mengikuti pemilihan. Setelah pemilihan calon selesai, panitia pemilihan mulai mengatur kapan dan dimana para calon akan melakukan kampanye.

      Hari "H" kampanye tibalah juga, para calon mulai memperkenalkan bahkan menjanjikan kehidupan yang layak, kemimpinan yang adil dan bijaksana, dan masih banyak janji-janji lainnya. Begitu juga dengan Sang Pangeran. Hampir semua masyarakat bersorak bak pesta sepekan sebab ada yang diberi kepeng emas, adanya hiburan kepada rakyat, bahkan para calon menghadirkan beberapa tabib terkenal untuk mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat, intinya pada saat itu hampir semua masyarakat dikatakan bersorak. Terkadang apa yang mereka inginkan, dipenuhi oleh para calon.

      Setelah masa kampanye selesai, dua hari berikutnya adalah hari pemilihan. Pada hari pemilihan, masyarakat berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara dan hampir semua masyarakat yang berhak memilih menggunakan hak suara pada saat itu. Setelah selesai pemilihan, selanjutnya diadakan perhitungan suara mulai dari tingkat desa hingga tingkat daerah dan ternyata yang memenangkannya adalah Sang Pangeran yang didukung dengan suara melebihi separuh suara keseluruhan. Pada saat itu pula, sang Pangeran mulai berpidato "Wahai rakyatku, pada hari ini saya telah memenangkan pemilihan calon pemimpin, hal ini terjadi karena berkah Allah SWT dan dukungan masyarakat sekalian, saya berjanji akan memimpin dengan adil di daerah ini" ucap sang Pangeran yang sebentar lagi akan manjadi pemimpin itu.

      Setelah pengumuman pemenang selesai dan pemenangnya adalah sang Pangeran, maka sepekan kemudian  atas perintah Raja, sang pangeran akan dilantik oleh panglima perang dengan mengangkat sumpah jabatan. Pada hari pelantikan semua persiapan pelantikan rampung semuanya sebelum panglima datang. "Mohon ampun Tuan, paling perang telah menuju ke istana ini" ucap salah seorang prajurit daerah itu kepada pemimpin mereka yang saat itu masih memimpin. "Baiklah, kembali ke tempatmu" jawab sang pemimpin. "Pada hari ini, pemimpin yang baru daerah ini akan segera dilantik dan panglima sebentar lagi akan sampai ke istana ini. Siapkan penyambutan kepada panglima" titah sang pemimpin kepada semua punggawa saat itu.

      "Panglima telah tiba" ucap salah seorang dari dalam istana. "Beri hormat kepada Panglima" titah sang pemimpin kepada semua punggawa dan hadirin pada saat itu. Sejenak semua punggawa dan hadirin memberi hormat kepada panglima. "Titah baginda, pertama, menurut hasil pemilihan rakyat bahwa yang memenangkan pemilihan adalah Pangeran maka pada hari ini Pangeranlah yang menjadi pemimpin di daerah ini dan pemimpin lama harus menyerahkan kekuasaan kepada Pangeran. Kedua, Pemimpin yang baru harus memimpin dengan seadil-adilnya, tunduk dan patuh kepada raja,  ................................ dan harus bersumpah atas nama Allah. Ketiga, Tidak melakukan hal-hal yang melanggar perintah agama dan kerajaan dan hal-hal lain yang merugikan daerah, kerajaan dan seluruh rakyat di pelosok kerajaan ini" ucap panglima yang tidak lain adalah titah raja. Maka bersumpahlah pemimpin yang baru itu. [baca bagian 1] [bersambung ke bagian 3]

      Cara Mempercepat Loading Web/Blog

      Loading dalam bahasa Inggris berarti pemuatan (kata dasar load: muat). Web loading atau loading web dapat berarti pemuatan web oleh web browser (penjelajah web). Terkadang saat kita mengunjungi suatu website/blog, kita harus menunggu lama agar website/blog yang kita kunjungi itu dapat dimuat atau dapat kita baca/lihat. Kadang juga kita sudah menunggu lama, website yang kita kunjungi tidak juga muncul yang pada akhirnya kita tidak melanjutkan untuk membuka web/blog tersebut.

      Mengapa ya kok lama baru bisa dibuka bahkan tidak bisa dibuka? Yang pertama mungkin koneksi internet kita. Jika koneksi internet maka beberapa web/blog mungkin lama baru bisa dibuka, selain itu web/blog  yang kita kunjungi banyak tersedia gambar-gambar bahkan video-video dalam jumlah dan kapasitas besar, teralu banyak widget dan lain sebagainya.

      Jika kita memiliki website/blog yang waktu pemuatannya lama walaupun koneksi internet pengunjung stabil, maka tentunya akan merugikan kita sebab pengunjung akan malas mengunjungi website kita. Walaupun web/blog kita dapat dimuat/dibuka, mungkin hanya sebagian saja.

      Lalu apa yang dapat kita lakukan agar waktu muat web/blog kita (web loading) lebih cepat dari sebelumnya? Banyak kiat yang dapat dilakukan dan hal ini mungkin sudah banyak yang membahasnya. Anda dapat mencarinya di google dengan kata kunci "Cara Mempercepat Loading Web", seperti tampak pada gambar berikut:


      Tampak pada gambar bahwa banyak sekali cara-cara mempercepat waktu muat web, silahkan Anda pelajari satu per satu (masih bayak lagi halaman lainnya daru gambar di atas). Untuk penulis sendiri, ada beberapa kiat yang penulis lakukan di antaranya:
      1. Tidak menggunakan gambar pada Header Blog. Walaupun header melambangkan identitas blog, namun dengan tidak adanya gambar header blog ini akan membuat web/blog dapat dimuat lebih cepat dari pada menggunakan gambar header.
      2. Widget yang dipasang seminimal mungkin. Web/blog yang memiliki banyak widget akan membuat waktu muatnya lebih lambat, bahkan jika dikunjungi oleh yang koneksi internetnya lambat, widget-widget tersebut malah tidak berfungsi atau web/blog tidak dapat dimuat.
      3. Kompresi gambar. Jika kita harus menggunakan gambar atau foto dalam web/blog, maka sebelum kita memasukkannya ke web/blog, gambar/foto tersebut kita kompres dahulu (mengompresi gambar maksudnya memperkecil ukuran gambar). Sistem operasi apapun yang kita gunakan, pasti menyediakan program untuk melakukan kompresi gambar. Selain itu juga tersedia beberapa program gratis untuk kompresi gambar yang dapat anda cari di google
      4. Kurangi atau hindari penggunaan video dan gambar animasi yang terlalu besar. Jika kita menampilkan video pada web/blog, maka waktu muat web/blog lebih lambat dibandingkan menggunakan video atau gambar animasi. 
      5. Jika memesan domain dan hosting sebaiknya memilih penyedia yang hostingnya unlimited. Cara-cara lainnya, silahkan cari di google.